Lorem ipsum dolor sit amet, conse ctetur adip elit, pellentesque turpis.

Image Alt

Penjaminan Mutu

  /  Penjaminan Mutu

Konsep Penjaminan Mutu

1. Struktur SPMI

Penjaminan mutu UPY dilaksanakan pada masing-masing aras/tingkatan, yaitu pelaksanan penjaminan mutu tingkat universitas dibentuk BPM, pelaksanan penjaminan mutu tingkat fakultas dibentuk PPMF dan pelaksanan penjaminan mutu pelaksanan penjaminan mutu tingkat program studi dibentuk PPMPS. BPM bertanggungjawab kepada Rektor, PPMF bertanggungjaawab kepada Dekan, dan PPMPS bertanggungjawab kepada ketau program studi. Sedangkan penjaminan mutu di masing-masing unit kerja dilaksanakan secara embeded.

 

a) Badan Normatif

Badan normatif terdiri atas senat universitas, senat fakultas dan dewan dosen. Badan normatif mempunyai peran memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap kebijakan– kebijakan strategis yang kan diambil oleh organisasi akademik sesuai dengan jenjangnya.

b) Oranisasi Akademik

Organisasi akademik terdiri atas rektorat, dekanat, program studi dan unit kerja. Organisasi akademik sebagai aktor utama operasional lembaga. Organisasi akademik berperan dalam membuat perencanaan maupun menetapkan kebijakan maupun program kerja, melaksanakan, dan melakukan evaluasi, serta melakukan tindak lanjut hasil evaluasi

c) Pelaksana Penjaminan Mutu

Pelaksana penjaminan mutu terdiri atas BPM, PPMF dan PPMPS. Pelaksana penjaminan mutu berperan dalam mengembangkan sistem penjaminan mutu, melakukan berbagai kegiatan pengukuran  terhadap pelakasanaan suatu kebijakan maupun program kerja berdasarkan standar yang telah ditetapkan sesuai dengan tingkatannya.

 

2. Siklus SPMI

Sedangkan secara operasional penjaminan mutu UPY mempunyai siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan).

1) Penetapan

Standar Dikti UPY yang telah ditetapkan terdiri atas 35 standar dan dijabarkan dalam 158 sub standar.

2) Pelaksanaan

Standar yang telah ditetapkan untuk selanjutnya dilaksanakan oleh semua unit kerja, sesuai dengan tugas dan fungsi unit kerja, baik unit kerja akademik maupun non akademik yang dikoordinasikan oleh wakil rektor bidang akademik, bidang administrasi umum dan pengembangan SDM, bidang kemahaiswaan, alumni dan kerjasama.

3) Evaluasi

Evaluasi pelaksanaan standar dikti dilakukan UPY melalui monitoring dan evaluasi, survey, validasi, review, maupun audit mutu internal yang dilakukan secara periodik.

4) Pengendalian

Pengendalian standar dilaksanakan pada masing-masing aras melalui rapat tinjauan manajemen (RTM). RTM dilaksanakan setiap akhir semester. RTM tingkat universitas dihadiri Rektorat dan semua pimpinan unit kerja maupun ketua program studi. RTM tingkat fakultas dihadiri oleh Dekanat dan semua Ketua Program Studi. RTM program studi dihadiri oleh semua dosen home base prodi. BPM, PPMF dan PPMPS menyampaikan laporan maupun temuan selama satu semester di masing-masing aras.

5) Peningkatan

Peningkatan standar akan dilakukan bilamana standar tersebut telah tercapai atau terlampaui. Peningkatan standar akan dilaksanakan sebagaimana siklus penetapan standar.